Sabtu, 21 Juli 2012

Bercanda Dengan Waktu

Selama ini saya berpikir hal yang paling mudah untuk dilakukan di dunia ini adalah buang-buang duit. Punya duit dikit langsung beli ini. Punya duit dikit lagi langsung beli itu. Punya duit agak lebih dari dikit beli ini itu. Sampai akhirnya dompet miris, tabungan kritis. Tapi belakangan ini saya menyadari sesuatu. Ternyata ada yang lebih gampang dibuang dari pada duit yaitu WAKTU. Sekali lagi W-A-K-T-U. Boleh setuju boleh tidak. Setidaknya itulah yang saya alami. Saya lebih sering membuang-buang waktu saya dari pada duit saya (secara duit juga cuma dikit,,,hehe)

Entah jadi berapa detik, berapa menit, berapa jam, berapa hari, berapa minggu, berapa hari, berapa bulan bila waktu yang telah saya buang begitu saja diakumulasikan. Nggak sanggup ngitungnya deh, saking banyaknya.
Gambar dari http://weheartit.com/entry/33114958



Buang-buang waktu versi saya ini banyak wujudnya. (1) Niat awal mau ngerjain skripsi. Hidupin leptop. Bukanya segera buka file skripsi, malah colokin modem. Mantengin facebook, timeline twitter, dan berlanjut dengan ngepo-in orang. 10 menit, 15 menit, setengah jam, satu jam, satu jam setengah,............ sampai akhirnya mata udah pedes duluan berlama-lama di depan layar. Niat mau ngerjain skripsi pun akhirnya berhenti sampai di niat saja. Akibatnya butuh waktu lamaaaa buat nyelesein skripsi. (2)Malem saatnya tidur. Tarik selimut. Bukannya langsung merem berusaha tidur, malah bernostalgila dengan mengenang masa-masa silam. Mengenang ini mengenang itu. Mengenang dia. Mengenang dia. Mengenang dia lagi. Berandai-andai jika waktu bisa diputar lagi agar saya bisa melakukan apa yang dulu seharusnya saya lakukan. Berandai-andai jikalau saya bisa mengubah masa-masa itu. OHHh what a wasting time!! Meralat masa lalu? Hellooooo.....masa lalu mana bisa diubah jenk? (3) Sore hari. Bangun tidur siang. Nyalain tv, mantengin gosip-gosip artis dari satu infoteiment ke infoteiment berikutnya. Padahal paginya udah liat infoteiment juga. Beritanya itu-itu juga. Artisnya itu-itu juga. Dan saya? Masih tetepnonton juga. HHHHHhhhhh padahal kehidupan artis2 itu nggak ngefek juga lho ke kehidupan saya,,,tapi kenapa hobi banget ya ngikutin berita-berita mereka. Padahal juga mereka bukan termasuk figur-figur yang saya idolakan lho. (4) Punya mimpi itu halal. Punya mimpi itu sah-sah saja. Punya mimpi itu keren. Asaaall nggak sekedar punya aja, tapi ada usaha untuk merealisasikannya. Saya juga punya mimpi. Satu. Dua.Tiga. Lima. Sepuluh. Lebih. Ah banyak lah mimpi saya. Tapi apa yang saya lakukan? Saya hanya ‘mengangan-angankan’ mereka saja. Mengangan-angankan apa yang harus saya lakukan. Setelah itu? Mandek. Nggak ada realisasinya. Yaaaaa....nggak heran deh kalo mimpi-mimpi saya yang seabrek itu MASIH SEKEDAR mimpi yang BELUM terwujud, atau malah mimpi yang ENTAH AKAN terwujud atau tidak. (5) Parno alias paranoid. Setiap kali akan melakukan sesuatu selalu saja menakutkan yang tidak-tidak. Dan berlebihan! Jadi ni ye seringkali saya cuma duduk tangan di bawah dagu, kalo nggak nongkrong di kursi ruang tamu, ngliatin kendaraan2 pada lewat, sambil mikir ‘gimana entar kalo nggak sesuai rencana? Gimana entar kalo bla bla bla bla’ Nggak adanya salah sih kalo kita  berfikir tentang kemungkinan-kemungkinan yang tidak sesuai dengan harapan tapi mbok ya yang realistis dan sesuai takaran. Lha ini? Seringkali parno tingkat dewa. Dan akhirnya waktu hanya habis untuk piya piye tok. Tanpa memikirkan solusinya.

See? Pinter banget kan saya membuang-buang waktu?
Gambar dari http://weheartit.com/entry/33115102



Jika dalam sehari waktu yang saya gunakan untuk hal-hal di atas paling tidak 3-4 jam, kalo seminggu berarti minimal 21 jam. Kalo sebulan? 85 jam. Kalo setahun? 1020 jam. Umur saya sekarang 22 tahun Anggap masa akil baligh saya 17 tahun. 22 tahun-17 tahun = 5 tahun. 5tahunx1020 jam= 5100 jam!
5100 jam bahkan mungkin lebih terbuang sia-sia begitu saja!
Mengenaskan! Nggak heran deh sampai usia segini kehidupan saya masih gini-gini aja. Masih datar-datar aja. Belum ada prestasi yang membanggakan. Belum ada pencapaian yang WOW....

Ada nggak sih kuliah dengan jurusan manajemen waktu? Mau donk kuliah di sana.
Eh tapi setelah saya pikir-pikir lagi, saya kan udah tau ni ye apa yang menyebabkan waktu saya terbuang begitu saja. Ya tinggal dihindari aja. Pastikan selalu melakukan sesuatu. Apapun itu. Kalopun belum ada kerjaan dan lagi nggak pengen ngerjain skripsi, ya lakukan apa aja deh. Entah baca komik, baca majalah, nulis,  nyuci baju, setlika, blabla bla..pokoknya selain 5 poin di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar