Selasa, 05 Februari 2013

Belajar bersyukur

Yang namanya belajar tu bisa dari mana saja, bisa dari siapa saja. Yang muda nggak melulu belajar pada yang lebih tua, yang anak-anak nggak melulu belajar pada yang lebih dewasa. Kadang yang tua belajar dari yang lebih muda, yang dewasa belajar dari anak-anak. I proved it.

Kurang lebih 2 bulan saya mengajar di SD, saya banyak belajar dari murid-murid saya. Salah satunya adalah belajar untuk bersyukur.

Belajar bersyukur
Suatu hari saya pernah marah pada salah satu murid saya, tingkahnya sudah keterlaluan menurut saya. Pagi-pagi sudah berkelahi, setelah jam istirahat usai, bukannya langsung masuk kelas malah nongkrong di TK belakang sekolah, tiada henti menganggu teman saat jam pelajaran, di kelas mainan tisu, mainan tembak-tembakan., ribut tiada henti.
Akhirnya  sepulang sekolah, dia saya ajak bicara.
Saya bertanya  : Kamu kenapa sih dek, kok ngganggu temanmu terus? Kok di kelas ribut terus? Niat sekolah nggak to?
Si murid : ya niat to Bu,
Saya       : Kamu pengen jadi anak yang bisa dibanggakan orang tuamu nggak?
Si murid  : ya pengen....
Saya       :kamu pengen jadi anak yang bisa dibanggakan ibumu nggak?
Si murid  : ya pengen ....
Saya       : kamu pengen jadi anak yang bisa dibanggakan bapakmu  nggak?
Si murid   : saya nggak punya bapak og Bu... (dengan raut wajah yang berubah jadi sendu, meskipun tetap cengengesan seperti biasa, tapi matanya nggak bisa bohong, keliatan banget kalo dia hampir nangis)
Saya                     : Lha kemana bapakmu?
Si murid                : minggat og bu...
Saya                     : *speechless* *nggak tau kudu ngomong apa*

gambar dari : weheartit.com

Saya jadi berpikir,,, nggak menutup kemungkinan, si murid itu bertingkah mengganggu bukan karena nakal, tapi lantaran dia pengen mendapat perhatian. Belakangan saya tahu kalo ibunya ternyata bekerja sebagai TKW di luar negeri. Lengkap sudah, nggak ada sosok ayah pun ibu di dekatnya.  Sebagai tambahan, anak ini juga jarang sekali mengerjakan PR. Kemungkinan karena selain malas, juga karena tidak ada yang memantaunya di rumah.

Hal itu membuat saya bersyukur, saya punya orang tua yang lengkap, yang sangat sangat perhatian, yang sangat menyayangi saya.
Yang selalu bertanya “Sudah makan?” ; “Tadi di sekolah belajar apa?”
Yang selalu menemani saya mengerjakan PR ; yang selalu mengajari materi yang tidak saya pahami di sekolah.
Yang sering membelikan saya buku cerita ; majalah anak.
Yang kadang mendongeng untuk saya sebagai pengantar tidur.
Beuntungnya saya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar