Judul : Manajemen Waktu
Penulis : Alan Lakein
Penerbit : Mata Khatulistiwa
Terbit : Mei 2007
Tebal : viii + 244 hlmn
Salah satu resolusi saya di 2014
ini adalah belajar mengatur waktu. Jadilah kemarin ke perpus pinjem buku
Manajemen Waktu. Dan sudah selesai terbaca *tepuk tangan*.
Buku yang lumayan apik menurut
saya. Cukup memberi gambaran bagaimana seharusnya mengoptimalkan waktu yang
kita miliki untuk mencapai tujuan-tujuan hidup yang kita inginkan, untuk
menyeimbangkan waktu antara karier, keluarga, teman, dan diri kita sendiri.
Kurang lebih garis besarnya
seperti ini :
Untuk mengisi hari-hari kita,
kita perlu yang namanya RENCANA. Rencana ini kalau menurut Alan Lakein “Mencoba
menghadirkan masa depan pada masa sekarang sehingga kita bisa melakukan sesuatu
untuk mewujudkannya dari sekarang.”
Untuk membuat rencana, yang perlu
kita lakukan antara lain :
1. Tentukan
tujuan hidupmu!
Jangan
hanya diangan-angan atau dibayangkan saja. Tapi TULIS di selembar kertas/ buku apa
tujuan hidupmu. Tentunya tujuan hidup ini tidak hanya satu. TULISKAN semua.
Misal : Melanjutkan studi S2, Menulis buku, Mendirikan bimbingan belajar,
Berlibur ke Mesir, Membangun rumah di pegunungan, dan lain-lain. TULIS semua!
2. Putuskan
Prioritasmu!
Pada
daftar tujuan hidup yang sudah ditulis tadi, beri huruf A, B, C di sebelah kiri
masing-masing tujuan. Beri tanda huruf A untuk (yang menurut anda) yang tertinggi, B untuk yang sedang, dan C
untuk yang rendah. Dalam membuat prioritas ini mungkin ada beberapa tujuan yang
sama-sama sangat penting. Untuk itu bisa ditulis A1 untuk yang sangat penting
nomor satu, A2 untuk yang sangat penting berikutnya, begitu seterusnya. Lakukan
hal yang sama pada yang berskala B dan C. Skala prioritas antara satu orang dengan orang
lainnya tentu berbeda.
Perlu
diingat : prioritas bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Apa yang menjadi
prioritas saat ini belum tentu akan menjadi prioritas di waktu yang akan
datang.
3. Rencakan
Aktivitasmu!
Setelah
menyusun tujuan hidup beserta skala prioritasnya, langkah selanjutnya adalah
TULIS daftar aktivitas apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tiap-tiap tujuan
itu.
Gambar dari : http://designblurb.com/unique-clock-designs/ |
4. Lakukan!
Rencana
yang baik adalah rencana yang DILAKUKAN. Percuma membuat rencana yang begitu
detail dan spektakuler tapi hanya sebatas menjadi rencana saja. Lakukan secara
bertahap aktivitas-aktivitas yang telah dituliskan. Dalam satu hari sangat
mungkin kita melakukan aktivitas dari prioritas A, prioritas B, ataupun
prioritas C dalam hari yang sama. Jangan lupa lakukan evaluasi mengenai
seberapa jauh aktivitas yang telah dilakukan untuk mencapai tujuanmu.
Yang
perlu diingat lagi : rencana, tujuan itu bisa berubah. Jadi meskipun sudah
menyusun rencana, bersikaplah fleksibel dan jangan kaku, karena mungkin dalam
praktiknya mungkin akan ada hal-hal/ kejadian yang ‘mengusik’ rencana-rancana
dan jadwal yang sudah disusun. Sehingga perubahan terhadap rencana/jadwal
sangatlah mungkin.
Kalau mau
penjelasan yang lebih jelas, baca langsung bukunya saja ya J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar