Sabtu, 03 November 2012

Malu Bertanya Sesat di Ongkos

Malu bertanya sesat di jalan. Itu berlaku kalo kita lagi nyari alamat. Ya kaliiiii...
Kalo malu bertanya sesat di ongkos? Itu berlaku kalo kita naik transportasi umum, g tau tarifnya, dan akhirnya keblondrok (bahasa Indonesianya keblondrok apa y?).
Itu yang saya alami kemarin.

Alkisah, kemarin saya ke Solo mau nyari buku, gegara toko buku Toga Mas deket rumah tutup begitu saja, entah pindah entah gulung tikar. Tapi kayaknya kalo pindah lokasi nggak mungkin deh soalnya nggak ada woro-woronya tu pindah ke mana, kemungkinannya ya gulung tikar kali ya?
Awalnya mau nyari buku di Gramed Semarang, tapi mengingat panasnya Semarang yang nggak santai, akhirnya pilihan jatuh ke Gramed Solo. Biasanya sih ke Gramed yang di Solo Square. Tapi kemarin pengen nyoba ke Gramed yang di jalan Slamet Riyadi.

Berangkat dari rumah jam 9 lebih, nyampe Solo sekitar hampir jam 11. Karena belum tahu lokasi persisnya, turun dari bus saya memutuskan naik becak aja, biar dianter langsung ke te-ka-pe.

Begitu turun dari bis ada tukang becak yang nawarin diri. Trus saya tanya “Ke Gramed Slamet Riyadi berapa Pak?” Bapaknya bilang “Gramed Slamet Riyadi? O bisa mbak, mari mbak” tanpa menjawab pertanyaan saya.

Bapak becak tadi mempersilakan saya naik becaknya. Sebelum naik, saya tanya lagi : “Sampe Gramed, ongkosnya berapa?”. Lagi-lagi bapaknya nggak nyebutin tarif, dia malah bilang “Iya mbak nanti.”
Biasanya sebelum naik becak kan ada tawar menawar tarif dulu kan ya? Kalo uda ada kesepakatan harga baru deh jalan. Dengan sedikit ragu, saya pun naik tu becak.

Sekitar 20 menitan sampailah di depan Gramed. Saya turun dari becak dan mengulurkan selembar dua puluh ribuan. Bapaknya menerima uang itu dan dengan ekspresi yang nyebelin banget bilang “Lho mbak, ongkosnya?”
“Ha? Emang ongkosnya berapa Pak?”
“30 ribu mbak”
Kaget donk saya, masak iya 30 ribu? Itu sih sama aja 3x lipat tarif bis AC Salatiga-Solo. Padahal ni ya belum lama ini saya naik becak, di Solo juga, dengan jarak tempuh yang nggak jauh beda, cuma 13 ribu kok, itu saya naiknya berdua sama adik saya malah, otomatis ngayuh becaknya juga lebih berat.  Lhah ini...masak 30 ribu???

Saya bilang ke bapaknya “Masak 30 ribu Pak? Mahal banget...”
“Iya mbak,,biasanya saya nganter ke sini juga segitu.”
Yakinnnnn saya empet banget sama tu bapak becak. Nyebelin bangeeeeet
Tapi karena males berlama-lama, saya kasih juga deh tambahan 10 ribu lagi.
Ah tau gitu naik taksi ajaaaa.....

Sebenernya yang bikin dongkol tu bukan 30 ribu nya. Siape tahu emang ongkosnya segitu. Yang bikin mangkel sampe sekarang tu kenapa sebelumnya bapaknya nggak jawab pas ditanya berapa ongkosnya. Jadi suudzon deh,,curiga kalo tu bapak emang sengaja nggak pengen ada kesepakatan harga sebelumnya, biar pas uda nyampe te-ka-pe bisa sebutin banyaknya ongkos sesuka dia.

Lain kali jangan mau naik becak kalo belum ada kesepakatan berapa ongkosnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar